Jenis-Jenis Verb atau Kata Kerja Bahasa Inggris

 Salah satu unsur pembentuk kalimat dalam bahasa inggris disebut juga kata kerja atau verb, yang mana jenis-jenis kata kerja atau verb ini bisa kamu pelajari agar dapat menyusun kalimat dan kata dalam bahasa inggris dengan tepat. Yuk kita simak sama-sama apa saja kah jenis-jenisnya!

1. Transitive Verb

Atau kata kerja transitifialah kata kerja yang memerlukan sebuah objek langsung untuk menunjukkan kata kerja tersebut memiliki fungsi.

Contohnya :

He cuts his hair

Dalam contoh diatas, kata kerja "Cut" memerlukan objek langsung, yakni "His hair". nah, ketika kamu membuang objek dari kalimat tersebut, maka kata kerjanya tidak akan berfungsi atau tidak dapat dimengerti.

Ingat: Kata kerja "Cut" disini mendapatkan tambahan -s menjadi "Cuts" sebab subjek dalam kalimat tersebut adalah manusia. Ini juga sama kasusnya ketika subjeknya adalah barang atau benda tunggal (He, She, dan It).

2. Intransitive Verb

Kebalikan dari Transitive Verb, kata kerja ini justru tidak memerlukan objek langsung dan bila dimasukkan dalam sebuah kalimat akan langsung menjelaskan apa maksud kalimat tersebut.

Contohnya :

He Walks down the stair

He walks

Kata kerja "Walk" disini, meski tak memiliki objek langsung (Down the stair), masih dapat dimengerti apa maksudnya atau dengan kata lain tetap punya makna.

C. Copulative Verb

Verb yang satu ini memiliki fungsi sebagai penghubung subjek dengan kata kerja lain atau kata sifat.

Contohnya :

Arman Got Angry

Arman Menjadi Marah

My dream come true

Mimpiku menjadi nyata

D. Auxiliary Verb

Kata kerja ini memiliki fungsi untuk memberi tambahan informasi arti atau menerangkan kata kerja lain.

Contohnya ;

The can do it

He should study hard

She has written the note

Pada kalimat di atas Can, should, has adalah auxiliary verbnya.



 
© Copyright 2022. www.dasarbahasainggris.com . All rights reserved | Template by o-om.com